3 Tahap Penerapan Standar ISO 9001

Standar ISO 9001 adalah sebuah standar ISO yang dibuat oleh lembaga ISO khususnya tentang manajemen mutu sebuah perusahaan. Namun karena minimnya pengetahuan dan pengalaman Kita tentang ISO maka mutlak dibutuhkan bantuan dari  Konsultan ISO 9001 agar supaya bisa diterapkan dengan sebagaimana mestinya.

Penerapan standar ISO yang bagus tentunya akan berdampak pada hasil yang akan dicapai sebuah perusahaan. Bukan hanya memiliki manajemen mutu yang berkualitas profesional saja namun juga bisa memberikan yang terbaik untuk klien atau pelanggan adalah sasaran utama dari penerapan standar ISO ini. Nah ada beberapa tahap yang harus dilalui jika ingin menerapkan standar ISO 9001 dalam perusahaan Anda.

Beberapa Tahapan Yang Harus Dilalui Dalam Penerapan Standar ISO 9001 di Perusahaan

Setidaknya ada beberapa tahapan atau langkah yang harus dilalui jika sebuah perusahaan ingin menerapkan standar ISO 9001. Sebelumnya konsultan ISO 9001 harus melakukan analisis prosedur dan proses yang sudah berjalan dalam perusahaan. Diharapkan dalam hasil analisis akan ditemukan seberapa besar jenjang yang terjadi antara proses dan prosedur sehingga bisa dicari langkah strategis untuk memperbaikinya.

  • Persiapan ISO

Langkah pertama yang harus dilakukan setelah ditemukan hasil analisis proses dan prosedur adalah mempersiapkan untuk penerapan standar ISO. Dalam hal ini dibutuhkan pelatihan khusus untuk memahamkan karyawan dan seluruh pihak yang berkepentingan dalam hal ISO. Bahwa seluruh pihak dalam perusahaan harus bisa memahami dengan baik manajemen mutu sesuai standar ISO yang akan diterapkan sekaligus berlatih untuk menerapkannya dalam segala aspek yang ada.

  • Implementasi

Kemudian langkah yang kedua adalah melakukan penetapan atau implementasi. Dalam hal ini bukan hanya harus disesuaikan dengan dokumen yang ada saja, namun juga harus disesuaikan dengan kebutuhan dari perusahaan sehingga bisa mencapai tujuan sebenarnya dalam penerapan ISO.

  • Audit dan sertifikasi

Dan langkah terakhir setelah semua langkah yang disebutkan di atas sudah ditetapkan kini tinggal melakukan audit atas apa yang sudah diimplementasikan dalam perusahaan sesuai dengan arahan dan pertimbangan dari pihak konsultan. Selanjutnya jika sudah memiliki hasil yang bagus dan bisa berkelanjutan maka kini Anda sudah bisa berhak mendapatkan sertifikasi ISO 9001 yang diinginkan. Itulah ulasan singkat tentang beberapa tahapan penerapan ISO  yang diberikan oleh Konsultan ISO 9001.

You may also like