Anda Penderita Maag? Sebaiknya Jauhi Makanan ini

Penyakit maag atau dalam dunia medis dikenal dengan nama dyspepsia merupakan suatu penyakit yang menyerang sistem pencernaan. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja, tidak mengenal batasan usia. Pemicu timbulnya penyakit ini biasanya dikaitkan dengan buruknya pola hidup, termasuk pemilihan makanan. Oleh sebab itu, jika Anda merupakan penderita penyakit maag, sebaiknya Anda mulai mengontrol diri untuk tidak mengonsumsi makanan dan minuman berikut.

Batasi Konsumsi Makanan Dan Minuman Berikut

Kambuhnya penyakit maag paling sering dipicu oleh faktor makanan. Tak mengherankan sebab penyakit ini memang berkaitan langsung dengan sistem pencernaan. Oleh karena itu, untuk meminimalisir kambuhnya penyakit maag, sebaiknya kita batasi konsumsi makanan dan minuman berikut ini.

  • Alkohol

Ada baiknya penderita maag tidak menyentuh sama sekali minuman beralkohol. Sebab, alkohol dapat mengiritasi lambung sehingga menambah parah keluhan maag. Selain itu, alkohol juga bisa meningkatkan risiko penyakit lain sebab alkohol memaksa organ hati untuk bekerja lebih.

  • Asam

Makanan dan minuman dengan sifat asam seperti berbagai jenis jeruk, saus tomat, serta soda dapat mengganggu sistem pencernaan. Maka dari itu, untuk penderita maag sebaiknya menjauhi makanan dan minuman yang bersifat asam, karena pencernaan mereka sangat sensitif. Sedikit saja kadar asam masuk ke lambung, itu bisa memicu penyakit maag kumat.

  • Makanan pedas

Penderita maag sebaiknya menghindari makanan pedas, sebab makanan pedas dapat meningkatkan risiko iritasi pencernaan.

  • Susu dan produk olahannya

Susu memang merupakan minuman yang penuh nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun, untuk penderita maag, sebaiknya membatasi konsumsi susu berikut produk olahannya seperti keju dan yoghurt.

Hal ini disebabkan oleh kandungan laktosa pada susu. Laktosa membuat susu menjadi lebih sulit dicerna sehingga memicu lambung untuk memproduksi gas lebih banyak. Ditambah lagi, lambung penderita maag cenderung kurang toleran terhadap laktosa sehingga memperparah kondisi penyakit maag tersebut.

  • Makanan berlemak

Makanan yang mengandung lemak tinggi cenderung sulit dicerna oleh lambung. Saat lambung memproses makanan yang sulit dicerna, otomatis lambung bekerja lebih keras. Ini tentu dapat meningkatkan risiko kambuhnya penyakit maag.

You may also like