Bagian Daram Surat Lamaran Kerja

Surat lamaran kerja memiliki fungsi yang sangat vital saat Anda mendaftar untuk sebuah pekerjaan, karena di dalam surat lamaran kerja terdapat informasi mengenai diri dan kepribadian Anda. Informasi tersebut akan digunakan sebagai pertimbangan dalam menerima seseorang untuk posisi kerja tertentu. Oleh karena itu pada artikel ini akan diulas bagian-bagian yang harus ada dalam surat lamaran kerja.

Kepala Surat

Kepala surat merupakan bagian paling pertama dalam sebuah surat lamaran kerja. Kepala surat lamaran kerja berisikan informasi identitas pelamar, identitas tersebut meliputi nama, alamat rumah yang ditulis secara lengkap, nomor telepon atau alamat email yang bisa dihubungi.

Tanggal Surat

Tanggal surat merupakan tanggal di mana surat itu dibuat, informasi mengenai tanggal pembuatan surat bisa jadi sangat penting untuk keadaan tertentu. Bahkan tanggal pembuatan surat bisa menjadi salah satu informasi untuk menilai keseriusan seseorang dalam melamar pekerjaan.

Lampiran

Anda juga harus menuliskan lampiran surat, lampiran surat ini akan memberikan informasi kepada pembaca apakah surat lamaran kerja yang Anda ajukan disertai lampiran seperti CV, sertifikat atau informasi lainnya.

Tujuan Surat

Dalam surat lamaran kerja biasanya penujuan surat adalah untuk kepala atau pimpinan perusahaan. Meskipun pada akhirnya yang menerima, membaca dan menganalisa adalah pihak HRD perusahaan. Akan tetapi Anda melamar pekerjaan kepada pimpinan perusahaan, bukan ke bagian HRD.

Salam Pembuka

Salam pembuka kemudian diikuti dengan kalimat pembuka dalam surat lamaran kerja sebaiknya ditulis secara singkat dan jelas. Jangan terlaluĀ  berbelit-belit dan berpanjang lebar di kalimat pembuka, karena hal tersebut justru merugikan Anda.

IsiĀ  Surat

Bagian ini merupakan bagian terpenting dalam sebuah surat lamaran kerja, karena pada bagian isi ini Anda memberikan informasi tentang tujuan dan kelebihan dan kekurangan Anda. Pada bagian ini HRD akan menganalisa tentang karakter pelamar.

Penutup

Sama dengan bagian pembuka, dalam bagian penutup Anda sebaiknya jangan terlalu berpanjang lebar. Tutuplah surat lamaran Anda dengan singkat dan meyakinkan. Setelah penutup jangan lupa sertakan tanda tangan dan nama terang.

Untuk informasi lebih lanjut terkait surat lamaran kerja silahkan kunjungi https://akuntanonline.com

You may also like