Cara Membersihkan Kitchen Set dengan Baik dan Benar

Penampilan kitchen set mencerminkan pemiliknya, karena itu sangatlah perlu untuk menjaganya tetap cantik dan bersih. Kitchen set yang terjaga kebersihannya juga akan membuatnya lebih tahan lama sehingga meminimalisir biaya perbaikan. Bagi yang tinggal di daerah ibukota, Anda dapat menghubungi jasa kitchen set Jakarta jika menemukan kerusakan di bagian daun pintu atau laci kabinet.

Membersihkan Kitchen Set

Sebelum Anda mulai membersihkan kitchen set, persiapkan terlebih dahulu peralatan yang Anda butuhkan yaitu antara lain kain lap, cairan pembersih (sesuaikan dengan bahan atau material kitchen set Anda), sikat, spons bersabut dan sarung tangan karet. Setelah persiapan selesai, Anda dapat mulai membersihkan kitchen set Anda dengan cara sebagai berikut.

  1. Sterilkan area dapur

Letakkan makanan dan bahan makanan jauh dari area kitchen set sebelum Anda memulai. Untuk pembersihan menyeluruh, kosongkan seluruh isi kabinet terlebih dahulu dan letakkan di jarak yang aman dari debu pembersihan.

  1. Mulailah dari atas

Bersihkan bagian paling atas kitchen set Anda dengan menggunakan kain lap. Pembersihan ini sangat perlu dilakukan agar tidak terjadi penumpukan debu. Apabila debu sudah terlanjur banyak, Anda bisa menggunakan kemoceng sebelum mengelapnya.

  1. Membersihkan Kabinet

Jangan gunakan lap yang kotor untuk membersihkan bagian dalam kabinet. Gunakan kain lap yang lain atau jika menggunakan lap yang sama, gunakan sisi kain lap yang lain yang masih bersih. Area dalam kabinet hanya perlu dilap dengan air untuk menghilangkan debu. Jika menjumpai kerusakan pada kabinet, Anda dapat menghubungi jasa kitchen set Jakarta untuk membantu Anda.

  1. Area Kompor

Area ini merupakan jantung dari kitchen set, sehingga perlu pembersihan dengan frekuensi yang lebih sering. Gunakan sarung tangan karet dan mulai dengan sabut spons dan cairan pembersih untuk daerah sekitar kompor. Bersihkan besi tatakan pada kompor, tatakan oven dan jeruji exhaust fan dengan menggunakan sikat. Jika Anda menggunakan kompor listrik, Anda hanya perlu mengelapnya dengan kain lap.

  1. Counter top

Jika Anda memiliki kitchen set berbahan kayu atau HPL, gunakan campuran air dan cuka dengan perbandingan 3:1 untuk membersihkan noda tanpa merusak finishing kayu. Jika counter top Anda berbahan marmer atau kaca, Anda hanya perlu mengelapnya dengan cairan pembersih kaca. Counter top yang baik bisa Anda dapatkan di jasa kitchen set Jakarta dan sekitarnya.

You may also like