Dampak Negatif Kurangnya Waktu Tidur Untuk Kesehatan Tubuh

Ketika kita bangun dan beraktivitas, semua bagian tubuh bekerja dengan otak sebagai pengatur untuk melakukan apa yang kita inginkan. Bekerja sepanjang hari, tentu organ di dalam tubuh akan terasa lelah dan membutuhkan istirahat. Istirahatkan tubuh dengan tidur paling tidak selama 7-9 jam per hari. Jangan sepelekan lamanya waktu tidur yang kita miliki karena tidur merupakan kebutuhan pokok layaknya makan dan bernapas. Kekurangan tidur akan berdampak buruk untuk kesehatan tubuh kita.

Dampak Buruk Kurangnya Waktu Tidur

Tidur sangat baik untuk mengistirahatkan fisik maupun mental yang kita miliki. Bagi anak-anak dan remaja tidur juga sangat penting untuk memaksimalkan pertumbuhan mereka. Memiliki tidur yang cukup akan membuat kita lebih fresh dan bertenaga ketika bangun. Sayangnya, banyak orang yang kurang memperhatikan lamanya waktu tidur mereka. Padahal hal tersebut akan sangat berbahaya bagi kesehatan jika dilakukan dalam waktu yang lama. Berikut beberapa dampak berbahaya ketika tubuh tidak memiliki waktu tidur yang cukup.

  1. Kurang bersemangat di pagi hari

Pagi hari adalah awal waktu kita untuk memulai semau aktivitas padat kita. Kurangnya waktu tidur di malam hari tentu saja akan membuat kita loyo, tidak bersemangat, mengantuk, dan bahkan pusing. Kondisi tubuh yang masih lelah karena kurang tidur harus kita paksakan untuk melakukan banyak aktivitas sepanjang hari. Hal tersebut akan menurunkan performa kita dalam melakukan berbagai hal karena tubuh yang masih lelah.

  1. Mudah sakit

Ketika tidur, tubuh akan menghasilkan sitokin yang berguna untuk melawan berbagai serangan virus dan bakteri yang mengancam kesehatan tubuh. Kurangnya waktu tidur akan menurunkan jumlah produksi sitokin di dalam tubuh. Hal tersebut tentu saja akan membuat tubuh renta terhadap segala jenis penyakit sehingga mudah jatuh sakit.

  1. Penuaan dini

Mata panda akan semakin terlihat ketika kita membiasakan diri kurang beristirahat. Kulit juga akan kusam dan keriput karena waktu regenerasi saat tidur sangat kurang. Hal demikian tentu saja akan mempercepat proses penuaan dini karena wajah terlihat pucat, lingkaran hitam yang sangat terlihat di sekitar mata dan kulit yang keriput.

You may also like