Freeport Dan RI Berseteru?

Presiden negara Indonesia bisa berganti, pemerintahan juga dapat berganti, tetapi masyarakat suatu daerah tidak akan mungkin berganti dan tetap bertempat tinggal di wilayah tersebut. Apabila lingkungan dari tempat tinggal masyarakat ini hancur jelas yang akan bertanggung jawab bukan lagi pemerintah yang terdahulu tetapi yang baru, pasti untuk penanganan tidak bisa dilakukan dengan sepenuh hati. Semua itulah yang ditakutkan oleh John Gobai selaku pimpinan dari masyarakat pribumi Papua jika divestasi Freeport tidak segera dilakukan.

Dampak Dari Perseteruan RI Dan Freeport

Harapan paling ingin diwujudkan oleh masyarakat Papua adalah divestasi Freeport harus selesai secepat mungkin, karena ini menyangkut kesejahteraan dari masyarakat Papua. Bukannya permasalahan dari hal itu mudah dilakukan malah menimbulkan perseteruan antara negara Indonesia dengan pihak PT Freeport. Semua bentuk perseteruan pasti akan ada dampaknya dan dampak dari perseteruan ini adalah sebagai berikut ini.

  • Ekspor Tambang Dan Emas Dihentikan

Dampak yang pertama ini adalah pihak dari PT Freeport memberhentikan kegiatan ekspor tembaga dan juga emas, bahkan menghentikan sejenak proses penambangan di tambang mereka yang terletak di Papua. Jelas ini bukan hanya akan merugikan pihak PT saja tetapi negara juga dirugikan karena pajak dari PT ini berkurang. Selain itu dari pemberhentian ekspor ini juga membuat seribu lima ratus pekerja sudah diberhentikan dari pekerjaan mereka, jelas ini akan menambah daftar pengangguran di Indonesia.

  • Terjadinya Divestasi

Dampak yang berikutnya adalah karena perseteruan ini mengakibatkan kontrak dari PT Freeport diberhentikan, jelas ini akan membuat saham dari PT tersebut akan dijual karena tidak ada pemasukan yang didapat. Divestasi ini jika memang masuk ke negara Indonesia jelas menguntungkan pihak Indonesia tetapi jika saham ini dibeli oleh pihak luar jelas semakin dirugikan masyarakat pribumi. Jadi lebih baik masalah perseteruan ini cepat diselesaikan supaya tidak ada pihak yang dirugikan lagi.

Itulah dampak yang diakibatkan dari perseteruan antara pihak Indonesia dan pihak PT Freeport. Jika perseteruan ini sudah selesai maka divestasi Freeport akan didapatkan oleh Indonesia dan ini merupakan pencapaian terhebat sepanjang masa.

You may also like