Hindari Faktor Penghambat Bisnis Jasa Fotocopy

Dibandingkan dengan menjadi karyawan kantor yang memiliki waktu kerja 8 jam setiap harinya, banyak orang yang mulai memilih menjalankan bisnis. Salah satu bisnis yang banyak dijalankan oleh banyak orang adalah bisnis jasa fotocopy. Banyaknya tempat penyewaan mesin fotocopy saat ini membuat bisnis jasa fotocopy juga semakin menjamur. Sayangnya, tidak semua berjalan dengan lancar.

Faktor Penghambat Bisnis Jasa Fotocopy

Setiap bisnis tentu saja memiliki hambatan yang membuat bisnis tersebut turun naik, atau bahkan malah bangkrut. Begitu pula yang terjadi pada bisnis jasa fotocopy atau bahkan bisnis penyewaan mesin fotocopy sendiri. Untuk jasa fotocopy, ada banyak sekali faktor yang membuat pelaku bisnis harus memikirkan ulang manajemen dalam menjalankan bisnis tersebut. Hal tersebut karena keuntungan dari tiap lembar kertas yang difotocopy tidaklah banyak, sedangkan modalnya cukup banyak.

  1. Terlalu banyak mengeluarkan modal

Membuka bisnis jasa fotocopy mengharuskan pelaku bisnisnya untuk menyiapkan banyak hal mulai dari mesin, tinta, kertas, listrik, tempat, dan lain sebagainya. Hal tersebut tentu saja memerlukan banyak modal pada awalnya. Jika penggunaan modal tidak dikontrol sejak awal, maka dikhawatirkan tidak akan ada keuntungan atau bahkan balik modal sekalipun. Hal tersebut disebabkan karena keuntungan tiap lembar kertas hanyalah beberapa rupiah. Belum lagi dengan kepercayaan konsumen terhadap pelayanan jasa fotocopy yang masih baru.

  1. Menggabungkan dengan usaha lainnya

Sering kita jumpai dalam satu tempat usaha fotocopy terdapat usaha lainnya. menggabungkan usaha tersebut dengan usaha yang masih sejenis seperti menjual ATK, laminating, printing dan sebagainya mamang sangat dianjurkan. Namun lain halnya dengan usaha yang tidak sejenis seperti toko baju atau bahkan bisnis kuliner. Hal tersebut tentu saja akan membuat pelaku bisnis menjadi tidak fokus dan maksimal dalam bekerja.

  1. Menyewa mesin fotocopy

Penyewaan mesin fotocopy menyediakan berbagai jenis mesin dengan berbagai fitur untuk disewakan. Hal tersebut sering kali menggoda para pelaku bisnis jasa fotocopy untuk memulai bisnis mereka dengan menyewa. Pada awalnya mungkin terlihat menguntungkan karena mereka tidak perlu membeli mesin yang harganya bisa lebih dari 10 juta. Namun, menyewa mesin juga bukan hal yang tepat untuk memulai usaha karena akan sulit untuk mengembalikan modal awal.

You may also like