Hindari Memanjakan Burung Peliharaan

Burung berkualitas bagus ialah burung yang bisa bersuara merdu. Kicauannya memiliki irama sendiri dan enak diperdengarkan. Namun, burung dengan suara merdu ini pastilah akan mahal harganya. Terlebih lagi jika sudah pernah menyandang juara dalam perlombaan suara burung merdu. Bukan hanya karena juara dan suaranya, harga yang juga dipengaruhi oleh perawatan si burung yang tidak sembarangan.

Memanjakan Burung, Membuat Malas Burung

Ada berbagai latihan dan perawatan yang harus dijalani si burung untuk bersuara merdu. Suara burung yang merdu tersebut tidak hanya dihasilkan karena keturunan dari indukan merdu, namun juga latihan yang dijalankan secara rutin dan konsisten. Selain itu, makanan dan perawatan yang diberikan juga tidak sembarang.

Burung tidak hanya harus berlatih, namun tempatnya pun harus bersih. Dan ada beberapa hal yang menyebabkan burung kurang maksimal dalam bersuara. Berikut adalah faktor penyebab burung kurang maksimal bersuara:

  • Memanjakan burung

Perawatan yang benar bukan berarti memanjakan burung dengan membuat burung terlalu bergantung pada Anda. Pemberian makanan dan perawatan lainnya yang menyebabkan burung menjadi “malas” bergerak sangat tidak dianjurkan dilakukan jika Anda ingin burung Anda berkicau merdu.

Jika burung malas untuk bergerak, maka kemungkinan ia akan bersuara juga kecil. Burung akan merasa malas untuk berkicau karena Anda sangat memanjakannya.

  • Terlalu jinak

Jika Anda terlalu memanjakan burung, maka burung tersebut akan sangat jinak pada Anda. Karena jinak, ia akan malas untuk bergerak dan menyebabkan otot-otot pada burung tidak lentur dan akan semakin sulit untuk bersuara atau berkicau.

Perawatan dan perlakuan berlebihan menyebabkan burung menjadi enggan untuk bergerak dan merasa tergantung pada sang majikan. Hal ini tidaklah bagus untuk suara burung. Semakin jarang mereka berkicau, semakin lama otot-otot mereka akan tidak lentur dalam menghasilkan suara.

Dengan tetap membiasakan burung agar tidak terlalu manja adalah solusi untuk hal tersebut. Sebab, suara yang merdu tidak bisa dihasilkan dalam satu kali latihan. Perlakuan yang benar bisa membuat suara burung menjadi bagus dan merdu di telinga.

You may also like