Kekurangan Dan Kelebihan Plafon Kalsiboard

Plafon kalsiboard merupakan salah satu jenis material yang seringkali digunakan oleh banyak orang untuk bangunan mereka. Material yang satu ini merupakan percampuran dari semen, serat selulosa serta pasir silica yang membuat kalsiboard memiliki tekstur yang kuat dan aman bagi kesehatan. Sebagai salah satu bahan material yang paling sering digunakan untuk rumah, apakah Anda tahu tentang kelebihan dan kekurangan plafon yang satu ini?

Berbagai Kelebihan Dan Kekurangan Kalsiboard

Mengetahui beberapa kelebihan dan kekurangan plafon kalsiboard bisa membantu Anda menjadi lebih bijak dalam memilih plafon yang benar-benar aman dan sesuai dengan kebutuhan. Berikut ini kelebihan dan kekurangan dari material yang satu ini.

  • Kelebihan

Kelebihan pertama kalsiboard adalah faktor keamanan material ini bagi kesehatan. Ya, kalsiboard dianggap aman bagi kesehatan karena material ini bebas asbes. Karena asbes ternyata berbahaya untuk memicu kanker, tentunya material yang bebas dari asbes ini menjadi salah satu yang paling aman bagi kesehatan.

Selain itu, kalsiboard juga menjadi material yang mudah untuk dipasang. Dengan ragam jenis kalsiboard, kalsiboard biasanya lebih mudah untuk dipasang dan bisa terlihat rata dalam pemasangannya. Meskipun terkadang memerlukan perekat tambahan, Anda hanya perlu menggunakan compound untuk merekatkan.

Kelebihan lainnya dari kalsiboard adalah material ini tetap kuat, meskipun memiliki tingkat kelenturan yang cukup tinggi. Biasanya, material yang kita temukan kuat tidaklah memiliki kelenturan yang cukup, sehingga lebih kaku.

Kelebihan selanjutnya dari kalsiboard asalah dianggap memiliki perawatan yang lebih mudah. Apalagi, bahan kalsiboard dianggap  anti lapuk, antikarat dan juga anti rayap. Jadi, sangat cocok untuk Anda gunakan sebagai material rumah Anda. Dengan kelebihan material seperti di atas, tentunya Kalsiboard menjadi lebih tahan lama.

  • Kekurangan

Akan tetapi, kalsiboard juga memiliki kekurangan. Kekurangan dari kalsiboard adalah mudah menyusut dan juga mudah mengembang. Pada saat musim hujan biasanya kalsiboard mengembang, akan tetapi pada musim panas, kalsiboard bahkan bisa sampai retak.

Untuk mengatasi kelebihan dan kekurangan dari kalsiboard, Anda bisa menggunakan AC. Dengan adanya AC, suhu ruangan bisa distabilkan, sehingga plafon kalsiboard yang sudah Anda pasang memiliki ketahanan yang cukup.

You may also like