Kenali Bahayanya Penyakit Ginjal

Ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang harus dijaga kesehatannya agar tubuh kita tetap dalam kondisi yang sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit yang berbahaya. Tak ada salahnya jika Anda mencari tahu lebih lanjut mengenai penyakit ginjal dan sebagainya agar Anda bisa berjaga-jaga apabila Anda mengalami gejala-gejala penyakit ginjal. Sayangnya, banyak sekali orang yang tak peduli dengan kesehatan ginjal masing-masing.

Bahaya yang Timbul Akibat Gangguan di Ginjal

Namun, tahukah Anda bahwa jika ginjal tidak dijaga dengan baik, sistem kekebalan tubuh Anda akan menurun. Tak hanya itu saja, ketika ginjal Anda mengalami kerusakan atau gangguan, hal ini akan berujung dengan penumpukan racun, limbah, dan cairan dalam tubuh.

Apabila penumpukan tersebut berlanjut, akan timbul gejala seperti muntah-muntah, sesak napas, susah tidur, melemahnya kondisi tubuh, pembengkakan pada pergelangan kaki, hingga penurunan kesadaran. Apabila terlambat dideteksi dan diobati, ginjal akan berhenti bekerja dan tentunya hal ini akan membahayakan hidup Anda.

Selain itu, jika ginjal Anda terganggu, kinerja organ dalam lainnya juga akan sangat terganggu. Bahkan, ada penelitian yang mengungkapkan bahwa gangguan fungsi ginjal bisa menjadi salah satu faktor resiko perburukkan kondisi kesehatan, disabilitas hingga kematian dini.

Deteksi Gangguan Ginjal Secepat Mungkin

Untuk itu, Anda harus benar-benar memperhatikan kondisi kesehatan ginjal Anda dengan baik. Salah satu cara menjaga kesehatan yaitu dengan melakukan kesehatan umum secara rutin. Dengan begitu, Anda bisa langsung mendeteksi apabila ginjal Anda mengalami gangguan.

Bagi Anda yang memiliki penyakit darah tinggi atau diabetes, mengonsumsi obat-obatan tertentu secara rutin, dan riwayat anggota keluarga yang memiliki penyakit ginjal, Anda harus lebih sering memeriksa ginjal Anda.

Ada berbagai macam pemeriksaan yang dapat menunjukkan kelainan atau tumor pada ginjal, jenis dan tahapan penyakit ginjal, kerusakan pada ginjal, dan menunjukkan apakah fungsi ginjal berjalan dengan baik atau tidak. Pemeriksaan tersebut berupa biopsi ginjal, penentuan laju filtrasi glomerular, CT scan, USG ginjal, tes darah seperti ureum dan kreatinin, dan tes urine.

You may also like