Ketentuan Melaksanakan Aqiqah Sesuai Ajaran Islam

Allah SWT merupakan Tuhan semesta alam yang menciptakan manusia di dunia untuk beribadah kepada-Nya. Sebagai umat Islam, kita tentu tahu akan ketentuan melakukan aqiqah dengan menyembelih hewan kurban sebagai ungkapan rasa syukur akan kelahiran anak. Sebagai orang tua kita hendaknya melakukan sunnah Rasulullah SAW. Lagi pula, jasa aqiqah Depok saat ini juga bisa membantu kita untuk melaksanakan aqiqah dengan lebih simple. Namun sebelumnya, pahami beberapa ketentuan melakukan aqiqah di bawah ini.

Waktu pelaksanaan aqiqah

Dalam ketentuannya, aqiqah sebaiknya dilaksanakan pada hari ketujuh, ke-14, atau ke-21 setelah kelahiran bayi. Namun, jika keadaan financial orang tua belum mencukupi untuk melakukan aqiqah, aqiqah dapat dilaksanakan ketika orang tua mampu melaksanakannya. Bahkan, jika seseorang belum diaqiqahkan ketika bayi, mereka bisa melakukan aqiqah sendiri ketika sudah memiliki cukup uang.

Jumlah hewan

Ketentuan dalam Islam menyebutkan bahwa terdapat perbedaan jumlah hewan yang akan digunakan untuk aqiqah antara laki-laki dan perempuan. Bagi laki-laki disyaratkan untuk menyembelih dua hewan sembelihan, sedangkan perempuan hanya satu hewan sembelihan.  Hal tersebut sesuai dengan hadist Rasulullah yang mengharuskan dua ekor untuk aqiqah bayi laki-laki dan satu ekor untuk bayi perempuan.

Jenis dan kondisi hewan aqiqah

Jasa aqiqah Depok akan menyediakan kambing dengan kondisi fisik sempurna, gemuk, sehat dan tentunya tidak ada cacat. Seperti yang disyaratkan dalam pemilihan hewan aqiqah haruslah hewan yang gemuk, tidak cacat, dan tidak terlalu tua. Untuk jenis hewan aqiqah dapat menggunakan domba atau kambing yang sehat sesuai dengan ajaran Islam. Umur hewan juga harus diperhatikan, tidak boleh terlalu tua.

Pencukuran rambut dan pemberian nama

Sesuai dengan ajaran Rasulullah, pada saat aqiqah, selain proses penyembelihan hewan kurban, juga dilaksanakan pencukuran rambut dan pemberian nama untuk bayi. Rambut bayi dicukur dengan rapi. Orang tua juga hendaknya memberikan nama yang memiliki arti baik untuk bayi karena nama merupakan bagian dari doa orang tua. Setelahnya, daging yang telah dimasak akan dibagikan kepada saudara dan tetangga dengan adil. Jika menggunakan jasa aqiqah Depok, kita tak perlu repot untuk memasaknya karena akan dimasakkan oleh mereka.

You may also like