Kriteria Karangan Bunga Papan Yang Baik

Karangan bunga akan selalu ada di perayaan, pesta maupun sebuah peringatan dengan berbagai macam bentuk salah satunya yang paling banyak ditemukan adalah karangan bunga papan. Karangan bunga yang satu ini sering digunakan untuk menunjukkan rasa simpati kepada penerima atau untuk menunjukkan eksistensi dari dukungan moral atau material suatu perusahaan terhadap perusahaan lain. Karangan bunga yang berbentuk papan ini muncul dengan penampilan yang baik dan terkadang ada yang terkesan sangat biasa. Lalu bagaimana kriteria bunga papan yang baik?

Aspek Karangan Bunga Berbentuk Papan

Sebelum menilai baik atau tidaknya sebuah karangan bunga berbentuk papan, ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan untuk menilainya yaitu aspek ukuran, keindahan, kesesuaian serta keselarasan.

  1. Ukuran

Ukuran yang normal untuk sebuah bunga papan yaitu 2,7 meter x 1,8 meter. Ketika ukurannya kekecilan, maka akan berpengaruh dengan font tulisan dimana font yang terlalu kecil tidak akan bisa dilihat dari jarak jauh. Padahal salah satu fungsi dari bunga papan adalah menyebarkan informasi event kepada publik yang membaca karangan bunga tersebut.

  1. Keindahan

Sebuah karangan bunga pastinya harus memperhatikan aspek keindahan karena pada hakikatnya bunga dilihat karena keindahannya. Bunga yang dipasangkan dalam karangan bunga papan ini haruslah indah, dalam artian bunga tidak dalam kondisi rusak saat sampai di tempat penerima.

  1. Kesesuaian

Pemilihan jenis bunga untuk karangan bunga sangatlah penting karena setiap bunga membawa makna yang berbeda. Misalnya untuk berbela sungkawa, nampaknya tidak cocok jika karangan bunga didominasi oleh mawar merah. Bunga yang lebih cocok untuk bela sungkawa adalah warna-warna yang tidak terlalu mencolok, seperti warna putih, pink atau sedikit kombinasi jingga. Warna merah akan lebih cocok jika diletakkan di event perayaan atau pesta pernikahan sebagai simbol cinta dan kebahagiaan.

  1. Keselarasan

Rangkaian bunga haruslah selaras dan seimbang dalam penampilannya. Semua aspek yang ada harus berpadu menjadi sebuah karya yang indah. Mulai dari ukuran papan, ukuran font, serta penataan bunga sendiri yang menjadi pokok dari sebuah rangkaian bunga. Bunga yang kecil bisa menjadi aksesoris selingan untuk bagian tengah atas atau tengah bawah, sedangkan bunga berukuran sedang bisa dirangkai sebagai background karangan bunga papan.

You may also like