Lolos Ujian Psikotes Masuk Perguruan Tinggi

Tidak hanya digunakan untuk seleksi masuk pekerjaan tertentu, soal psikotes juga sekarang ini digunakan untuk seleksi masuk perguruan tinggi favorit.  Bahkan di beberapa sekolah menengah psikotes juga diujikan pada saat penerimaan siswa baru. Psikotes mulai diujikan di perguruan tinggi karena idealnya mahasiswa selain memiliki kemampuan akademik yang mumpuni, juga harus memiliki karakter psikologis yang baik.

Perbedaan Psikotes Masuk Kerja Dan Psikotes Masuk Perguruan Tinggi

Secara umum psikotes digunakan untuk melihat karakter psikologis seseorang, dengan mengetahui karakter psikologis seseorang maka bisa diprediksi tingkah lakunya. Perbedaan ujian psikotes yang digunakan untuk masuk kerja dengan psikotes seleksi masuk perguruan tinggi lebih kepada analisa sang psikolog. Jika sebagai syarat masuk kerja si psikolog lebih menekankan analisa pada kemampuan bekerja seseorang dan cara menghadapi permasalahan dalam kerjaan. Pada seleksi masuk perguruan tinggi, psikolog lebih menekankan untuk menggunakan soal psikotes sebagai analisa untuk mencari pelajar yang berkarakter.

Tips Lolos Ujian Psikotes Masuk Perguruan Tinggi

Untuk lolos ujian psikotes  masuk perguruan tinggi atau sekolah menengah favorit kurang lebih sama seperti ujian psikotes pada umumnya. Dengan berlatih mengerjakan ujian psikotes dan soal-soalnya yang kali ini sudah bisa dengan mudah kita peroleh. Selain berlatih dengan soal Anda juga bisa harus mempersiapkan psikotes secara matang, jangan sampai pada waktu melaksanakan ujian psikotes Anda sedang berada pada kondisi yang kurang prima.

Yang perlu diperhatikan dalam ujian psikotes masuk perguruan tinggi dan sekolah menengah atas favorit adalah tipe soalnya. Jika pada ujian psikotes untuk masuk kerja pada sub ujian analog verbal misalnya, biasanya kosa kata yang dimunculkan adalah kosa kata yang sering ditemui di dunia kerja, maka pada psikotes untuk masuk perguruan tinggi lebih banyak menggunakan kosa kata ilmiah atau bahasa yang sering dijumpai di ranah akademis.

Perbedaan ujian dan soal psikotes yang tidak jauh berbeda seharusnya tidak menyulitkan bagi Anda yang hendak masuk perguruan tinggi. Cukup dengan sering berlatih dengan soal-soal ujian psikotes yang bisa Anda temukan di dunia maya atau dalam bentuk buku.

You may also like