Memulai Usaha Dengan Modal Minim

Mempunyai sebuah usaha yang mumpuni adalah dambaan setiap orang. Tetapi terkadang banyak orang yang terlalu takut untuk memulai usaha. Banyak sekali alasan yang mereka takutkan, dari masalah waktu, manajemen keuangan, strategi pasar, untung rugi penjualan, dan yang menjadi ketakutan utama adalah masalah modal. Banyak yang takut memulai usaha karena sudah terbayang akan kebutuhan modal yang besar.

Mencoba Usaha Dengan Modal Sedikit

Lalu mungkinkah memulai usaha dengan modal yang minim? Jawabannya, tentu saja bisa. Kenapa tidak, asal Anda berani mencoba dan Anda sudah yakin dengan usaha yang akan jalankan. Banyak contoh usaha yang dimulai dengan modal yang sedikit atau minim. Contohnya, usaha kuliner rumahan. Jika Anda memiliki bakat untuk mengolah bahan makanan, tidak ada salahnya untuk mencoba berbisnis kuliner kecil – kecilan dirumah.

Anda tidak harus mempunyai toko atau warung besar untuk menjalakan usaha Anda. Anda hanya membutuhkan dapur dirumah dan peralatan masak yang pastinya sudah Anda punya dirumah. Sisanya, Anda hanya perlu membeli bahan – bahan pokok saja untuk membuat produk makanan tersebut. Jangan membeli terlalu banyak bahan dahulu, Anda harus bisa mengira – ngira berapa jumlah produk yang akan Anda buat.

Untuk hari pertama berjualan, jangan membuar terlalu banyak dahulu. Karena belum banyak orang yang tahu dengan produk dan bisnis baru Anda ini. Dan biasanya hari – hari pertama berjualan Anda belum terlalu banyak mendapatkan untung, karena masa masa ini Anda bisa dibilang sedang menjalani proses pengenalan produk. Anda sedang mencari pelanggan yang akan terus membeli produk yang Anda jual dalam jangka panjang.

Dimana Bisa Menjualnya?

Tanpa menggunakan toko atau warung Anda pasti kebingungan dimana untuk menjual produk yang Anda jual. Begini caranya, Anda pasti mempunyai gadget atau setidaknya Hp yang sudah memiliki standart android bukan? Nah, disini Anda harus aktif menjalankan media social. Download beberapa media social yang bisa menunjang bisnis Anda; seperti aplikasi Facebook, Instagram, Whatsapp, dan BBM.

Aktiflah menggunakan beberapa aplikasi tersebut, buat contoh makanan yang akan Anda pasarkan. Lalu ambil beberapa foto produk dan upload ke semua media social yang Anda punya tersebut.

Buat lah deskripsi yang jelas dan menarik tentang produk yang akan Anda jual, sertai juga jenis produk dan harga dari produk tersebut. Setelah itu jelaskan bagaimana proses pemesanan, pembayaran, dan proses pengirimannya. Coba saja untuk memulai dengan metode pre- order kalau Anda takut produk Anda tidak terjual habis. Dan untuk proses pengiriman Anda bisa mengantarnya sendiri ke pelanggan, atau melalui ojek – ojek online yang sudah banyak saat ini. Mungkin memang sedikit melelahkan karena Anda harus setiap saat ON dengan gadget Anda, tetapi bertahanlah ini semua proses dari berbisnis. Sekian beberapa ulasan untuk memulai usaha baru, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

You may also like