Mengatasi Kerusakan Momory Card Tanpa Format

Kerusakan kartu memori merupakan salah satu hal yang sangat menyebalkan. Karena dengan demikian file-file atau data yang penting dan memiliki ukuran besar tidak bisa tersimpan dengan baik. Dengan demikian maka perlu mengetahui cara memperbaiki memory card sehingga bisa digunakan kembali seperti sedia kala. Sebenarnya untuk memperbaikinya tidak harus melakukan penghormatan terlebih dahulu. Ada cara lain yang bisa dilakukan dengan mudah. Karena pada dasarnya rangka pemformatan adalah cara terakhir untuk memperbaiki kartu memori.

Tips Memperbaiki Kartu SD Tanpa Pemformatan

Berikut ini merupakan beberapa cara yang mudah untuk mengatasi kartu memori yang rusak tanpa harus melalui proses pembuatan kartu memori.

– Scan menggunakan antivirus

Sambungkan dulu smartphone dengan komputer. Atau bisa pasangkan kartu memori pada modem atau alat bantu yang lainnya untuk bisa tersambung dengan komputer. Anda bisa melakukan scanning virus pada kartu memori dengan menggunakan software antivirus yang sudah terdapat pada perangkat komputer Anda. Karena salah satu penyebab dari tidak terbaca di kartu memori adalah kartu memori yang terinfeksi oleh virus. Pada dasarnya ada beberapa virus yang sangat berbahaya yang berasal dari perangkat smartphone. Anda bisa menggunakan jenis antivirus mana pun.

– Command prompt

Cara memperbaiki memory card selanjutnya adalah dengan memanfaatkan salah satu fitur. Langkah ini sangatlah mudah karena menggunakan fitur yang sudah ada pada Windows yakni command prompt. Langkah untuk membuka fitur ini pergi pengguna Windows 7 dan di atasnya adalah dengan pilih Start menu lalu ketik cmd pada kolom pencarian. Sementara untuk Windows XP maka bisa Klik start kemudian pilih Run dan ketik cmd seperti halnya langkah Windows 7. Median Tekan enter lalu jendela fitur command propmt terbuka.

Cek terlebih dahulu partisi yang bisa terbaca di memory card dengan Windows Explorer. Ketika melakukan pengecekan pada fitur ini maka perlu menunggu beberapa saat sampai di fitur tersebut bisa mendeteksi masalah yang terjadi pada memory card. Apabila sudah menginput beberapa langkah pada jendela command prompt dan kemudian muncul hasil pendeteksian dan berhasil perbaikan, maka kartu memori tersebut bisa kembali digunakan. Ingin merupakan cara memperbaiki memory card tanpa harus melakukan pemformatan.

You may also like