Tahapan Penting Dalam Pemberian MPASI

Memperkenalkan hal-hal yang baru kepada buah hati adalah tugas utama orang tua. Tidak hanya memperkenalkan tentang lingkungan sekitar, bahasa, dan juga aneka permainan, tetapi juga makanan dan minuman. Bayi yang baru lahir biasanya hanya mengonsumsi ASI, namun seiring dengan perkembangannya diperkenalkanlah resep mpasi 9 bulan sederhana yang kaya akan gizi.

Tahap Pemberian Mpasi

Pemberian makanan pendamping ASI erat kaitannya dengan kondisi pencernaan bayi. Oleh karena itu, pemberian mpasi sebaiknya dimulai sat bayi berusia 6 bulan. Sebab, pada usia 6 bulan kondisi organ pencernaan bayi telah siap untuk mengolah makanan padat. Jika bayi diberi mpasi kurang dari 6 bulan maka akan dapat menimbulkan berbagai risiko seperti risiko tersedak, munculnya alergi, dan juga berbagai masalah pencernaan.

Terlambat memberikan mpasi juga dapat menimbulkan akibat seperti kekurangan gizi pada bayi dan bayi akan menjadi malas makan karena sudah terbiasa minum ASI atau susu formula saja. Oleh karena itu, usia 6 bulan adalah saat yang paling tepat. Pada usia 6 bulan Anda dapat mulai memberikan menu tunggal seperti aneka pure buah dan sayuran. Lalu pada usia selanjutnya diberikan resep mpasi 9 bulan sederhana.

Pada usia 6 bulan berilah bayi Anda makanan padat yang masih diolah dengan cara dihaluskan. Kemudian pada usia 9 bulan Anda dapat memberikan makanan yang lebih bertekstur seperti nasi tim.  Finger foods, dan juga biskuit bayi. Pada usia 9 bulan Anda sudah dapat mulai memperkenalkan bayi Anda pada aneka masakan orang dewasa, namun tanpa menambahkan gula dan garam. Pemberian gula dan garam pada mpasi sebaiknya dilakukan pada saat bayi berusia 1 tahun.

Mengapa bayi baru boleh mendapatkan makanan yang mengandung garam dan gula pada usia 1 tahun? Sebab, jika diberikan pada usia di bawah 1 tahun, dikhawatirkan  pemberian gula dan garam akan membuat kerja ginjal bayi menjadi lebih berat. Resep mpasi 9 bulan sederhana bisa Anda berikan dengan aneka variasi masakan seperti sayur bayam, sup ayam, dan juga nasi tim dengan dobel protein.

You may also like